SELAMAT DATANG DI JOGJACULTURAL, ANDATELAH MENEMUKAN TEMPAT YANG TEPAT UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DINAMIKA BUDAYA YANG ADA DI JOGJA, KAMI HADIR UNTUK MENAMBAH KHASANAH INFORMASI BUDAYA DEMI KEMAJUAN BUDAYA DI JOGJAKARTA

2/25/12

RESENSI BUKU ADILUHUNG : Batok Bolu Isi Madu : Nilai Jawa yang Harus diamalkan

Batok Bolu Isi Madu : Buku  tanpa pengarang ini terbit tanpa tahun yang jelas, tetapi dari keterangan yang ada di sampul nampaknya buku ini terbitan tahun yang cukup sudah cukup tua. Diperkirakan bukuiniditerbitkan pada Tahun 1933. Buku ini berisi ajaran-ajaran hidup orang Jawa supaya menuju kesempurnaan. Adapun Pembagian buku tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Bebukaning Atur
2. Bab I    : Dayaning Tjipta Tumrap Pribadi   
3. Bab II   :Osiking Ati Diudani Dening Pangeran
4. Bab III : Tjipta Utawa Gagasan Iku Angel Tjekel-Tjekelane
5. Bab IV : Daja Ghaib  Kang Luhur Dumunung ing Tjipta Wening
6. Bab V  : Pikiran Kang Wis meneb, Bakal Dadi bening
7. Bab VI : Njejegah Sengsem, Njenjubur Sifat Luhur
8. Bab VII : Anggegulang Tjipta Rahayu Bisa Ngreresik Djiwa
9. Bab VIII :Ngupajaa Sarana Bisane Tuwuh Osiking Ati
10. Bab IX : Pangudi Kang Santosa TamtuKaleksanan Ing Sedya
11. Bab X  : Manungsa Mung Saperangan Saka Titahing Pangeran
12, Bab XI : Djiwa Kita Betjik Kita Upakara kanthi Resik
13. Bab XII : Ngudidaya Lan Njenjuwun Tanpa kendat
14. Wekasaning Atur 



Buku tersebut banyak berisi petuah yang harus diamalkan yang dibagi ke dalam setiap Minggu. Pembagian itu diharapkan dapat mempermudah pembaca sekalian dalam  mengamalkannya. Dari isi yang terkandung dalam nilai-nilai tersebut nampak menunjukkan bahwa orang Jawa sebenarnya sangat religius dan begitu dahsyat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, dimana banyak yang  bersumber sebagaimana ajaran Islam Tasawwuf  dan menjadikan petunjuk bagaimana menjalani hidup ini dengan sang pencipta ( Vertikal ), bagaimana hidup tepa slira sesama ( horisontal ) sehingga dapat seimbang. Untuk mempermudah pemahaman , maka pengarang buku tersebut membagi pengelompokan dari  Minggu ke-1 sampai dengan Minggu ke-52.
Mengingat buku tersebut sudah tidak terbit, maka kami siap membantu bagi yang membutuhkan dengan men copykan dan hanya mengganti biaya penggandaan . Tebal Buku 52 halaman, cetakan ejaan lama. By Resensi Buku : Tim Jogjacultural 0274  6501850 / 081328204046 )